ANALYSING THE LEVEL OF DIFFICULTIES IN LISTENING QUESTION AND RESPONSES ON “Taking the TOEIC: Skills and Strategies” written by Wendi Shin

Main Article Content

Karta Atmaja

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui tingkat kesukaran dalam Listening Questions and Responses pada buku “Taking the TOEIC: Skills and Strategies” ditulis oleh Wendi Shin. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.  Penelitian membuktikan bahwa tingkat kesukaran atas pertanyaan yang tidak ada WH-Questions sebesar 31.75% yang terdiri dari 23.81% untuk tingkat kesukaran sedang, dan 7.94% untuk tingkat kesukaran sulit. Kesukaran 7.94% berasal dari aspek masalahBe - verb Question” menanyakan tentang jawaban ya atau tidak dari sebuah situasi,  “Do – verb Question” menanyakan tentang jawaban Yes/No, tentang sebuah kebiasaan “Auxiliary Verbs” seperti “Could” menanyakan suatu permohonan, “Have” menanyakan tentang sebuah peristiwa yang telah dilakukan atau belum dilakukan. Tingkat kesukaran dari pertanyaan yang menggunakan WH-Questions sebesar 30.61% yang terdiri dari 3.63% untuk tingkat kesukaran mudah, 14.06% untuk tingkat kesukaran sedang, dan 12.93% untuk tingkat kesukaran sulit. Tingkat kesukaran sulit dari 12.93% berasal dari aspek masalah bagaimana mengenali kata-kata yang dipakai dalam pertanyaan atau question words. Tingkat kesukaran terhadap bentuk pertanyaan lain sebesar 47.62% yang terdiri dari 14.06% untuk tingkat kesukaran mudah, 31.52% untuk tingkat kesukaran sedang, dan 2.04% untuk tingkat kesukaran sulit. Tingkat kesukaran sulit dari 2.04%  berasal dari aspek masalah bagaimana mengenali bentuk-bentuk pertanyaan lain seperti  “Indirect Question” serta “Alternative Questions” yang menggunakan kata penghubung berpasangan untuk bentuk negative seperti “Neither” – “nor

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles